Selasa, 22 November 2011

Analisis upaya melestarikan budaya bangsa

Makalah Ilmu Budaya Dasar
Analisis Upaya Melestarikan Budaya Bangsa

logo_gunadarma2.jpg

Disusun oleh:
Nama                    : Anak Agung Istri Cyntia Kusuma Dewi
Kelas / Jurusan     : 1EA26 / Manajemen
NPM                    : 10211686


UNIVERSITAS GUNADARMA
Jl . KH Noer Ali Kalimalang
Bekasi 17145 tlp. (021) 88860117
TAHUN 2011

Program Sarjana Manajemen
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia nya lah saya bisa menyelesaikan tugas makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan para pembaca tentang Analisis Upaya Melestarikan Budaya Bangsa.
Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas makalah ini.
Khususnya saya ucapkan kepada guru saya Bpk. Muhammad Burhan Amin selaku dosen mata kuliah ilmu budaya dasar, yang telah memberi tugas makalah ini dan sangat memberikan saya pelajaran akan hal – hal yang baru saya buat dalam penyusunan sebuah makalah. Juga saya ucapkan trimakasih kepada Orang tua dan teman – teman saya yang senantiasa mendukung dan memotivasi saya, serta memberi masukan yang sangat berguna dalam penyelesaian tugas makalah ini.
Saya menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan meridhoi semua perbuatan kita. Amin .

Hormat saya,

penyusun


i
Daftar isi
Kata pengantar                                                                                                            i
Daftar isi                                                                                                                     ii
Bab I
Pendahuluan                                                                                                               1
1.Latar belakang                                                                                                         1
2.Tujuan                                                                                                                      1
3.Sasaran                                                                                                                     1
Bab 2
Permasalahan                                                                                                              2
1.Kekuatan (stregth)                                                                                                   2
2.Kelemahan(weakness)                                                                                             2
3.Peluang(opportnity)                                                                                                 3
4.Hambatan(threats)                                                                                                   3
BAB 3
Kesimpulan dan rekomendasi                                                                                     4
1.Kesimpulan                                                                                                              4
2.Rekomendasi                                                                                                           4
3.Referensi                                                                                                                  4



ii
BAB 1
 PENDAHULUAN
1.Latar belakang
Latar belakang pembuatan makalah yang berjudul Analisis Upaya Melestarikan Budaya Bangsa ini adalah untuk menunjang masyarakat akan pentingnya melestarikan kebudayaan bangsa, terutama budaya yag ada di indonesia yang bersifat tradisional.
Namun sangat disayangkan, pada zaman modern saat ini sangat jarang masyarakat memperhatikan dan melestarikan budaya bangsa indonesia yang merupakan warisan nenek moyang. Padahal banyak dari pihak pihak asing sering kali yang mengakui kebudayaan bangsa kita.
Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan. Perlu adanya peningkatan berbagai upaya masyarakat untuk lebih mempertahankan dan melestarikan kebudayaan bangsa indonesia.
2.Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk membahas bagaimana cara meningkatkan berbagai upaya masyarakan agar lebih melestarikan kebudayaan bangsa indonesia. Agar tidak ada lagi bangsa – bangsa asing lain yang bisa mengakui kebudayaan bangsa indonesia. Juga memberikan pelajaran bagi kita semua agar mau lebih peduli dan krisis dalam melestarikan kebudayaan bangsa kita sendiri.
3.Sasaran
Penulisan makalah ini ditujukan kepada seluruh masyarakan khususnya pada para pemuda. Untuk tetap melestarikan kebudayaan bangsa kita ini. Juga untuk para masyarakat agar tetap mempertahantak adat dan istiadat yang merupakan kebudayaan bangsa kita.




1
BAB 2
PERMASALAHAN
Kebudayaan indonesia merupakan kebudayaan yang termasuk unik, karena indonesia me miliki berbagai kebudayaan, suku, bahasa, agama, dan adat istiadat, juga memiliki beribu pulau. Namun , sekarang – sekarang ini kebudayaan indonesia yang di kenal dengan semboyan nya Berbeda – Beda Tetapi Tetap Satu Jua tidak lagi berpengaruh di indonesia. Sebagai contoh adanya kejadian di salah satu daerah di jakarta yaitu di larangnya membangun gereja umat nasrani karena hal yang sangat tidak jelas oleh pihak warga yang ber agama islam. Juga berbagai kasus lain yang menyangkut tentang perbedaan di indonesia.
Oleh karena itu, permasalahan ini dapat kita bahas menggunakan analisis SWOT, sebagai berikut :
1.Strenght ( Kekuatan)
a. Indonesia mempunyai berbagai macam budaya, agama, suku, adat istiadat.
b. Indonesia banyak melahirkan banyak pemuda – pemuda yang berbakat, yang memiliki  segudang keahlian.
c. Keanekaragaman budaya indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Dan ini sangat unik juga suatu hal yang sangat membanggakan.
d. Indonesia di kenal dengan semangat juang yang sangat tinggi dan pantang menyerah.
2. Weakness (kelemahan)
a. Banyaknya warga miskin yang pada akhirnya  menyebabkan banyak warga yang tidak memiliki pengetahuan soal kebudayaan.
b. Masyarakat indonesia mudah terpengaruh budaya asing yang terbukti lebih modern.
c. Adanya keanekaragaman bahasa yang menyebabkan terhambatnya hubungan komunikasi antar masyarakat.
d. Banyakya ajaran dan kepercayaan yang dianut masyarakat indonesia sehingga menimbulkan konflik.
2
3. Peluang (opportunity)
a. Banyak negara asing yang tidak memiliki keunikan seperti indonesia dan membuat mereka kagum atas budaya indonesia yang sungguh tradisianal.
b. Adanya peluang meninggikan martabat bangsa kita karena dianggap memiliki identitas sebagai bangsa yang berbudaya.
c. Indonesia memiliki daerah dan tempat yang tidak dimiliki negara lain yang dapat dijadikan objek wisata dan dapat menaikan devisa negara
4. Tantangan / hambatan ( threats)
a. Kurang nya minat masyarakat dalam upaya melestarikan budaya indonesia karena dianggap tidak semodern budaya bangsa lain.
b. Kurangnya upaya pemerintah untuk melestarikan budaya karen sibuk dengan urusan politik.
c. Masyarakat mudah terpengaruh budaya asing yang lebih maju dan lebih modern.
d. Dengansemakin banyak nya warga miskin di indonesia sehingga mengakibatkan tidak ada nya kepedulian untuk mengupayakan melestarikan budaya bangsa.


3
BAB 3
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.Kesimpulan
a. Akibat kurang nya usaha pemerintah dalam upaya melestarikan budaya indonesia mengakibatkan terbenkalainya berbagai jenis warisan budaya.
b. Banyaknya warga miskin dan rumitnya urusan politik menjadi penyebab utama masyarakat tidak mempedulikan ada atau tidak nya upaya dalam melestarikan kebudayaan indonesia.
c. Meskipun ada beberapa masyarakat indonesia yang peduli dalam mengupayakan  melestarikan kebudayaan, namun usaha tersebut tidak maksimal sebagai mana mestinya.
d. Perbedaan agama dan keyakinan merupakan salah satu konflik yang sangat berpengaruh dalam upaya melestarikan kebudayaan.

2. Rekomendasi
a. Pemerintah diminta untuk lebih peduli pada lingkungan kebudayaan, tidak pada urusan politik saja.
b. Masyarakat diminta untuk tidak mudah terpengaruh pada permasalahan sosial dan terfokus pada upaya melestarikan kebudayaan bangsa.
c. Perbanyak acara yang mengenai agar masyarakan mau untuk berupaya melestarikan budaya.
d. Masyarakat dan pemerintah harus saling bekerja sama untuk mempertahankan kebudayaan daerah masing – masing.
3. Refrensi
4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar