Selasa, 29 Januari 2013

20 soal MSDM



1.      Mengapa MSDM semakin penting padahal alat – alat canggih semakin banyak?
Jawab : karena dengan menejemen sumber daya manusia dapat meningkatkan kualitas kerja
dan juga dengan pola pelatihan dan pembelajaran yang dapat mengikuti perkembangan jaman.

2.      Kenapa istilah MSDM lebih popular dari pada manajemen personalia?
Jawab : karena MSDM merupakan manajemen yang sering digunakan metodenya dan sangat detail dalam menangani sumber daya manusia.

3.      Mengapa waskat sangat berperan dalam pembentukan personalia?
Jawab : kerena dengan waskat dapat mewujudkan kedisiplinan karyawan.waskat sangan berpengaruh karena atasan langung mengawasi untuk merangsang kedisiplinan dan moral para pegawainya.

4.      Berikan beberapa alasan mengapa karyawan didalam kota besar alat-alat motivasi nya lebih banyak dari pada kota kecil?
Jawab:   karena dikota besar sangat berpengaruh dari persaingan antar perusahaan tentang teknologi, beda dengan kota kecil yang sedikit persaingan.

5.      Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentive?
Jawab :  persamaannya adalah sama – sama memberikan suatu dorongan untuk karyawan agar bekerja secara maximal dengan hasil memuaskan. Perbedaannya adalah motivasi memberikan dorongan  berupa suatu ucapan atau suatu gagasan,namun insentive memberikan dorongan berupa uang atau komisi sesuai dengan apa yang karyawan lakukan.

6.      Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentive dengan benefit?
Jawab:  persamaannya adalah sama – sama pengeluaran perusahaan untuk pegawainya. Perbedaan nya adalah jika insentive ditujukan kepada karyawan secara langsung namun benefit secara tidak langsung.

7.      Dimana letak perbedaan motivasi dengan benefit?
Jawab: jika motivasi memberikan dorongan kepada karyawan melalui kalimat pendorong, tapi benefit memberikan karyawan dorongan barupa uang.

8.      Apa sasaran pemberian insentive bagi karyawan?
Jawab : untuk meningkatkan kinerja karyawan gar bekerja secara optimal dan juga dapat menunjang kebutuhan finansial karyawan tersebut.

9.      Jelaskan perbedaan antara MSDM dengan menejemen personalia!
Jawab: jika MSDM mecangkup tentang pembinaan, pembelajaran, pelatihan karyawan. Namun, manajemen personalia lebih banyak membahas tentang sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut.
                                                                                                      



10.  Mengapa pengadaaan (procurement) adalah hal penting dan sulit?
Jawab : ini semua diakibatkan perusahaan menginginkan adanya kedisiplinankaryawan dan juga ingin mendapatkan karyawan yang sesuai dan berkualitas dengan keahliannya.

11.  Mengapa masalah pengadaan dapat dikatakan sebagai cermin utama keberhasilan MSDM?berikan alasannya!
Jawab : karena karyawan merupakan suatu peran utama dalam semua kegiatan dan perencanaan perusahaan. Jadi dengan adanya karyawan yang berkualitas menentukan keberhasilan perusahaan yang mempunyai dampak penting dalam pembagunan MSDM.

12.   Bagaimana proses pengadaan karyawan yang baik?
Jawab :  pertama, menentukan syarat rekrutment dari umur, pengalaman sesuai dengan apa yang diminati. Kedua, menentukan sumber rekrutment dari dalam atau luar perusahaan. Ketiga , melakukan test uji kemampuan apakan sesuai dengan keahliannya.

13.  Apasaja pokok bahasan dalam pengadan karyawan!
Jawab : pokok bahasannya adalah penarikan, seleksi dan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

14.  Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting!
Jawab : seleksi merupakan pemberian refrensi tentang karyawan yang dibutuhkan perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Namun seleksi sangat penting karena sangat berpengaruh dalam sistem sumber daya manusia  perusahaan. Dengan proses rekrutmen yang tepat akan mendapatkan pegawai yang berkualitas bagi perusahaan.

15.  Mengapa test psikologi sangat penting dalam penerimaan karyawan?
Jawab : test psikologi di lakukan agar dapat mengetahui kemampuan karyawan dan sikap moral karyawan dalam menghadapi tuntutan kerja yang sangat berat sehingga mampu bekerja di bawah tekanan.

16.  Apakah padoman yang dilakukan dalam pelaksanaan seleksi?
Jawab : spesifikasi pekerjaan merupakan hal yang menjadi padoman dalam melaksanakan seleksi untuk mendapatkan pegawai baru.

17.  jelaskan korelasi seleksi dalam penempatan karyawan?
Jawab :  sesuai dengan fungsi seleksi yaitu untuk mendapatkan pekerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusaan dan juga menempatkan karyawan sesuai dengn keahlian nya.



18.  Apa saja manfaat dilakukan nya orientasi pegawai baru?
Jawab : menanamkan dalam diri pegawai bahwa dia ikut berperan aktif dalam organisasi perusahaan juga mengenali ruang lingkup kerja pegawai tersebut.

19.  Jelaskan pengertian induksi untuk karyawan baru!
Jawab : merupakan hsl ysng bertujuan untuk penyesuaian karyawan baru dengan ruang lingkup kerja baru yang akan dia tempati.

20.  Bagaimana pengaruh job spasification terhadap jumlah lamaran yang diterima suatu  perusahaan?
Jawab : dengan adanya job spesification merupakan suatu dasar pertimbangan perusahaan untuk menyeleksi dan selanjutnya memproses penyeleksian sesuai dengan spesifikasi yang di tuju.
MANAJEMEN SEMBER DAYA MAUSIA
TUGAS LATIHAN SOAL


Gdarma_2


Disusun oleh :
NAMA                                    : Anak Agung Istri Cyntia Kusuma Dewi
KELAS / JURUSAN              : 2EA27 / MANAJEMEN
NPM                                       : 10211686



UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan KH.Noer Ali Kalimalang
Bekasi 17145 Telp. (021)88860117



Tidak ada komentar:

Posting Komentar